Friday, April 10, 2009

Keutamaan Al Fatihah

AL Fatihah memiliki arti Pembukaan. Bila dicermati, Al Fatihah bukan merupakan surah yang pertama kali diturunkan kepada Rasulullah. Namun dalam penempatan urutan surah dalam Al Qur’an Al Fatihah ditempatkan pada urutan pertama, cara perlakuan seperti ini tentu akan mengundang tanya bagi yang mau memikirkannya.

Selain itu, Al Fatihah sering kali disebut Ummul Qur’an. Bahkan Al Fatihah merupakan surah yang wajib dibaca saat menjalankan shalat baik fardhu maupun sunah. Begitu istimewanya surah ini, Allah SWT membaginya menjadi dua. Simak hadits qudsi ini : “Aku telah membagi surah Al Fatihah sebanyak separuh-separuh antara Aku dan hamba-Ku” (Imam Muslim,Tirmidzi).

Dari Al Ala’bin Abdulrahman, dari ayahnya, dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Barang siapa mengerjakan shalat tanpa membaca Ummul Qur’an, maka shalatnya kurang, shalatnya kurang tidak sempurna.”

Ayah Abdurrahman berkata, “Aku berkata, Wahai Abu Hurairah, sesungguhnya aku kadang-kadang mengerjakan shalat dibelakang imam. ”Abu Hurairah berkata, “ Wahai orang Persia, bacalah Ummul Qur’an didalam dirimu! Karena sesungguhnya aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Allah Ta’ala berfirman :

Aku telah membagi surah Al Fatihah separuh-separuh antara Aku dan hamba-Ku. Dan hamba-Ku berhak mendapatkan apa yang dia minta. (Apabila) seorang hamba membaca ‘Alhamdullilahi Rabbil ‘alamin, maka Allah Tabaraka wa ta’ala berfirman, Hamba-Ku telah memuji-Ku. Jika dia berkata Ar rahmaanir-rahim, maka Allah Azza wa Jalla berfirman, Hamba-Ku telah menyanjungku.

Dan (pada bagian) akhir surah, hamba-Ku berhak mendapatkan apa yang dia minta, ihdinash-shirathal mustaqim, shiratal ladzinaa an’amta ‘alaihiim, gharil maghdhuubi ‘ alaihim wladhdhaaliin.’

Berdasarkan hadits qudsi tersebut, ayat satu surah Al Fatihah adalah Alhamdullilahi rabbil ‘alamin. Lantas dimana bismilahirrahmanirrahim yang dikatakan sebagai ayat satu al qur’an..? Alangkah baiknya sama-sama kita renungkan dimanakah kalimat Basmalah tersebut.

No comments:

Post a Comment

Jangan Cuma Baca Komentar Dikit Juga Gak apa-apa...